Latar Belakang Masalah
Kini dengan semakin berkembangnya kecanggihan teknologi akan menjadi salah satu faktor utama pada perkembangan suatu game di era globalisasi ini sehingga game tidak lagi hanya sekedar permainan individual yang bersifat satu arah. Karena hingga saat ini fenomena bermain game secara bersama-sama menjadi sebuah kesibukan tersendiri dikalangan masyarakat mulai dari anak-anak, remaja maupun hingga dewasa pun ikut bersenang-senang bermain game.
Pembahasan
Perkembangan industri game yang sangat pesat akhir-akhir ini disambut baik oleh beberapa developer lokal di Indonesia. Mereka melihat kemajuan ini sebagai sebuah peluang bisnis yang mempunyai prospek baik. Banyaknya peminat game online juga memberikan angin segar pada bisnis warnet yang sempat mengalami kelesuan. Bahkan sekarang banyakbermunculan warnet-warnet yang dikhususkan untuk bermain game online atau lebih dikenal dengan istilah game net atau game centre. tidak hanya di bidang game itu sendiri, tetapi sudah merambah ke bidang lain. Mulai dari pembuatan game (game developor), penerbitan gamer (game publishing), sampai industri aksesoris. Faktanya memang perkembangan game ini mampu menyerap tenaga kerja yang tidak sedikit. Bahkan perkembangan industri game itu sendiri bisa dibilang lebih melejit dibanding bisnis hiburan lainnya.
Perkembangan teknologi memenyebabkan masuknya budaya-budaya baru dengan nilai-nilai dan norma-norma baru memberikan pillihan lebih banyak bagi para remaja dalam berinteraksi sosial (bergaul). Terutama di perkotaan yang mengalami perkembangan lebih cepat akibat globalisasi. Remaja perkotaan lebih rentan terhadap permasalahan-permasalahan remaja Mereka seakan dituntut untuk mengikuti tren, jika tidak mau dikatakan kuno atau ketinggalan jaman. Kehadiran video game di tengah-tengah laju teknologi telah membawa pengaruh besar terhadap perkembangan pribadi dan adaptasi remaja, bahkan tidak sedikit remaja yang berubah menjadi pecandu game sehingga lupa pada jati diri mereka yang sesungguhnya
Seiring perkembangan game, akan membawa pengaruh terhadap pengguna game. Game memberikan kepuasan dan penghormatan dari orang lain yang mungkin tidak didapatkan oleh para pemain di dunia nyata. Game akan membuat para pemain jadi kecanduan. Karena para gamers mampu duduk berlama-lama demi game dan bertahan disana tanpa menginginkan suatu gangguan yang mampu mengganggu konsentrasinya dalam bermain game tersebut. Walaupun terwujud dalam bentuk yang dapat bernilai positif ataupun negatif.
Bermain, game masuk dalam dunia-dunia fantasi yang mungkin saja berbeda jauh dengan dunia nyata. Mereka dapat memilih peran-peran sosialnya sendiri yang mereka gunakan dalam berbagai interaksi di dunianya (dunia maya). Dunia di dalam sebuah game online bisa menjadi sebuah alam mimpi (fantasi) yang kita dapat bergerak sesuai kemampuan kita. Dunia yang mempunyai aturan-aturan mereka sendiri dalam menjalani interaksi dengan orang lain. Pada umumnya memang aturan-aturan di dalam dunia game tersebut didasarkan pada tujuan kesenangan bersama. Tidak mengherankan jika banyak yang lebih senang berada di dunia game online dari pada dunia offline-nya sendiri.
KESIMPULAN DAN SARAN
Kehadiran video game Perkembangan ilmu dan teknologi memunculkan bentuk-bentuk baru perilaku masyarakat. Termaksud juga pesatnya perkembangan industri gaming yang menjadikan game sebagai salah satu komoditi global dan mampu membentuk sebuah budaya tersendiri. Di Indonesia kehadiran game disambut dengan antusiasme tinggi yang ditandai dengan semakin138
banyaknya perusahaan polisensi game-game luar, semakin beragamnya game yang dapat dimainkan di Indonesia, pesatnya kemunculan berbagai game centre dan didukung dengan semakin banyaknya penggemar game ataupun pengguna jasa-jasa game tersebut.
sehinnga Antusiasme yang cukup tinggi terhadap game menunjukan semakin banyaknya masyarakat khususnya remaja yang memilih dan menjadikan kegiatan bermain game sebagai rekreasi alternative mereka.
DAFTAR refernesi
Sunyoto Usman, 2004. Sosiologi Sejarah, Toeri Dan Metodelogi, Yogyakarta, Penerbit Cired,Pengenalan game, http://hpacorpored.blogspot.com/2010/02/pengenalan-game.
Definisi-computer-game,http://cgrg.wordpress.com/2008/03/12/definisi-computer-game/,
0 komentar:
Posting Komentar